Senin, 24 April 2017

Cara menghitung jarak tempuh motor untuk per liter BBMnya...

Assalamualaikum...

Brader.. dalam kesempatan kali ini pakde Heri akan membahas tentang konsumsi BBM sepeda motor yang sudah 4 tahun menemani pakde Heri..

Sebenarnya motor pakde Heri ini di buat/rakit pada tahun 2007.. Namun pakde Heri membelinya pada tahun 2013, dengan kata lain pakde Heri membeli dengan keadaan 2nd alias bekas..

Entah mengapa pakde Heri kok ada niatan untuk mengukur seberapa KM sih yang di tempuh untuk per liter BBM nya.. Nah akhirnya pakde Heri melakukan riset kecil-kecilan terhadap motor kesayangan pakde Heri ini..

Pertama, saat mengisi BBM secara full tank (pertalite), pakde Heri jepret spidonya.. Gambarnya ada di bawah ini...

Kemudian saat mengisi secara full tank (pertalite) untuk yang kedua kalinya, pakde Heri juga jepret lagi spidonya.. Ini gambarnya..

Saat mengisi BBM kedua kali inilah pakde Heri meminta bon print kepada petugas SPBU agar tidak lupa dengan catatannya..

Dari modal catatan inilah nantinya akan dapat di hitung berapa km untuk per liternya yang di konsumsi motor pakde Heri ini..

Gambar pertama saat mengisi full tank spido menunjuk angka 45132.. Kemudian gambar ke duanya berada di angka 45241.. Dengan kata lain motor pakde Heri telah menempuh perjalanan sepanjang 109km.. Sementara BBM yang di butuhkan adalah 2,8liter..

Nah gamblang kan.. Tinggal kita bagi aja neh angkanya biar dapat hasilnya heheheh...

45241km - 45132km = 109km
109km : 2,8liter = 38.9285714km

Jadi dapat di simpulkan bahwa motor pakde Heri ini perliternya menempuh jarak sekitar 38,9 km,.. hemmm lumayan lah utuk ukuran mesin lawas.. heheheh..

Namun saat bawa motor tersebut pakde Heri tidak mengendarai sendirian loh.. Tapi dengan anak dan istri.. Trus rute jalan yang di tempuh juga naik turun alias banyak tanjakan dan bermacet ria dalam kota.. Biar bagaimanapun, berat penumpang,kondisi jalan dan cara berkendara juga mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan loh.. (imho)..

Nah brader juga bisa to membuat riset kecil kecilan kayak gini hehehehh

semoga berguna ... ciayoooo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar