Senin, 13 November 2017

Tips mengatasi Android Samsung Galaxy V cepat panas dan boros baterai..

Assalamualaikum

Brader.. Mungkin sampean adalah salah satu pengguna ponsel android Samsung Galaxy V, jika iya berarti sampean wajib baca tulisan ini sampai tuntas.. heheheh

Last.. salah satu ponsel android besutan Samsung ini memang lagi trend di jamanya, terlebih pada kalangan ekonomi bawah - menengah, bahkan Pakde Heri sendiri ngidam banget pengen beli ponsel "ini", sayang kantong pakde Heri cetek., hehehe..

Memang sejak dirilis pada september 2014 silam, pakde Heri baru punya pada tahun 2017, itupun beli secara second,, duh lagi-lagi ketinggalan jaman cak... hehhehe.. yowes ora popo di syukuri wae..

Alih-alih pengen naik kelas dan biar agak wibawa dikit.. hehehe..  Karna memang sebelumnya pakde Heri memakai ponsel Polytron S2350 sebagai media komunikasi jarak jauh pakde Heri,, Namun ternyata ponsel Samsung Galaxy V mempunyai keluhan yang memang pakde Heri rasa butuh di perhatikan..

Keluhan tersebut adalah,..

Ketika Data Aktif, perlahan namun pasti ponsel akan mengeluarkan suhu panas berlebih, dan baterai pun menjadi boros.. Kejadian ini membuat pakde Heri bingung, "kok bisa ya, padahal ponsel sebelumnya enggak"?????

Akhirnya pakde Heri ber-eksperimen ,, cie cie... Pertama pakde Heri me-restart ponsel Galaxy v, ketika sampai di tahapan ponsel meminta akun google, pakde Heri pencet Lewati/Skip,.. Otomatis saat ponsel menampilkan home screen, setelah selesai di restart tadi, akun Google belum masuk di ponsel.. Kemudian pakde Heri me-Nonaktifkan beberapa aplikasi bawaan, dengan membuka pengaturan/manager aplikasi,, dan me-Nonaktifkannya.. Sampean bisa lihat beberapa aplikasi yang pakde Heri nonaktifkan di bawa ini..

Menurut pakde Heri aplikasi bawaan di atas tersebut memang tidak penting, namun jika menurut sampean penting boleh lah sampean aktifkan kembali.. Namun tetap..!! aplikasi Samsung Apps dan Google Play Store jangan di aktifkan.. karna menurut pengalaman pakde Heri, selain memakan lumayan banyak RAM, kedua aplikasi ini jika diaktifkan dan ponsel terhubung jaringan wifi/paket data aktif, maka beberapa aplikasi yang sudah terinstal akan mengalami pembaruan/update otomatis.. Dan tentu hal itu akan membuat RAM ponsel kembali berkurang, dan ujung ujungnya ponsel kembali panas..

Last..  Jika sampean pengguna BBM, Pakde Heri sarankan BBM-nya jangan download di Google Play Store, tapi silahkan cari di Google. Sampean Download BBM yang tanpa iklan, karna memang BBM tersebut memakan ram yang lebih kecil ketimbang versi yang ada di Google Play Store.. Jadi ponsel pun tidak mudah panas.. Sampean bisa download BBM disini. Untuk Operamini, sampean bisa cari di Google yang versi 8, karna ringan dan tanpa notifikasi.. Sebagai gambaran, Galaxy V pakde Heri cuma mempunyai 9 aplikasi "Luar".. Monggo di pantengin.. hhhh

Nah.. Karna gambar di atas dijelaskan bahwa aplikasi Google Play Store telah di non-Aktifkan.. Lalu bagaimana jika ingin download aplikasi??

Tenang... pakde Heri punya solusi lain,..

Sampean bisa download banyak aplikasi dengan menggunakan aplikasi 9APP,.. Namun aplikasi 9APP juga memberlakukan pembaruan/update aplikasi, namun sampean abaikan saja.. Selesai download aplikasi lewat 9APP, sampean bisa copot saja aplikasi 9APP-nya, karna aplikasi ini juga "boros RAM" heheheh

Oh ya,, sekedar Saran,, jika sampean mempunyai aplikasi yang jarang di gunakan, lebih baik aplikasi tersebut di copot saja pemasangannya, namun terlebih dahulu sampean backup aplikasinya dan simpan di sdcard.. Nah jika ingin menggunakan lagi, sampean tinggal pasang lagi. Seperti ini loh gambaran aplikasi yang pakde Heri simpan di SDcard,.. bisa di lihat di bawa ini.. Dan sekedar catatan, pakde Heri bukan "gamers" jadi jangan harap ada aplikasi game di ponsel pakde Heri.. heheheh

Nah... Itulah tipsnya.. Pakde Heri sudah membuktikannya, sekarang mau paket data aktif seharian juga, ponsel gak panas lagi, baterai juga jadi lebih awet banget...

Sampean bisa coba kalau gak percaya..hehehhe.. Saran tersebut tidak menutup kemungkinan juga bisa di terapkan di ponsel android samsung tipe lainnya..

Semoga berguna...
Ciayooo...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar